Kamis, 10 September 2015

Review novel Dear Prudence



Judul : Dear Prudence
Penulis : Dannie Faizal
Penerbit : Bentang Pustaka
Tebal : 252 halaman
ISBN : 978-602-7975-79-8


Pertama kali dengar rilisnya novel ini udah buat penasaran banget, pasalnya baik di twitter atau sosmed banyak banget yang muji-muji si Irvine ini. Meskipun waktu itu saya menduga kalau Irvine berjenis kelamin perempuan haha ... :D


Well, setelah akhirnya mendapatkan buku ini, langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. Cover-nya really love it! Warnanya yang soft, gambar Irvine dan Prudence-nya keren banget! Dan di situlah baru tahu kalau Irvine ini cowok. Fine! Jadi gini kalau melihat tampang luar sih ini kayaknya cerita romance yang unyu abis, eits ... ternyata dugaan saya salah. Baru baca halaman pertama aja, saya langsung berubah pikiran. Ini buku bergenre komedi.


Dan isinya benar-benar konyol. Kak Dannie ini cerdas memanfaatkan kesempatan, saya sih suka dengan gaya bahasanya yang ringan, dan mengundang tawa. Kekonyolan si Irvine yang punya bapak super ajaib, tapi salut deh sama bapaknya yang care. Sampe kesialannya dalam membangun karier dan cinta. Ada beberapa bagian yang saya nggak berhenti tertawa setiap kali baca buku ini. Apalagi pas obrolan si Irvine sama sobat-sobatnya.

Nih, salah satunya yang bikin ngakak :


Widih di masjid ... Beriman banget! Tobat, lo sekarang? Udah selesai atau baru mau mupai salat? Gue udah di terminal nih, parkir di dekat taksi-taksi. Buruan, ya.

Sip bentar lagi, ya, ini lagi sujud nih. Rakaat terakhir kok.

Astaga! Dodol lo ... hahaha ...


Gokil abis deh ini Kak Dannie :D Tapi lepas dari itu semua, banyak pelajaran yang bisa diambil dari kisah ini. Seorang Irvine Suherman bukanlah tokoh yang digambarkan sempurna seperti di novel-novel lain, melainkan ia hanya seorang Irvine dengan banyak kekurangan seperti manusia pada umumnya. Keegoisannya sendiri menuai penyesalan yang besar dalam hidupnya. Misal nih, perilaku buruk Irvine ketika menghadapi Lusy dan pekerjaan yang tidak bertanggung jawab. Sampai sebuah kesalahan fatal, membuat ia kehilangan kesempatan untuk hidup lebih lama dengan mamanya.

Sebenarnya agak kecewa juga karena awalnya saya pikir dengan judulnya “Dear Prudence” bakal lebih fokus terhadap kehidupan Prudence, lagi-lagi saya salah. Tapi saya nggak kecewa kok baca buku ini, ada kejutan di akhir cerita, apakah akhirnya Irvine jadian sama Prudence?
Pokoknya recomended buat kamu-kamu yang nyari buku genre komedi romantis. Apalagi yang menyukai The Beatles, banyak referensi lagu di sana, ada juga beberapa potongan lirik lagunya di tiap bab.


Well, pada akhirnya saya mencurigai bahwa semua yang ada di buku ini adalah kisah nyata dari penulisnya sendiri, apalagi ada statement ini diambil dari blog pribadi. Juga ada kemiripan antara Irvine yang kuliah ngambil jurusan yang sama dengan penulisnya. Hayyooo ... benarkah, Kak Dannie?

Tidak ada komentar: